Cressindo Kusuma

Tips Memilih Lipstik Sesuai Tone Kulit

Tips Memilih Lipstik Sesuai Tone Kulit – Dahulu kala orang menyebutnya sebagai pemerah bibir, namun akhirnya lahirlah sebuah nama yang disebut lipstick. Sebenarnya kata lipstick berasal dari bahasa Inggris yakni “lip” yang mempunya makna bibir dan “stick” yang memiliki makna batang. Jika digabungkan akan memiliki makna batang bibir, sejujurnya kata ini merupakan pemaknaan yang ambigu dan kurang masuk akal. Namun, jika diartikan menjadi sesuatu yang lebih luas lipstik akan bermakna sebagai perona atau pemerah bibir.

Bahan Baku Lipstik Itu Apa?

Tahukah anda? Ternyata lipstik berasal dari bahan baku lilin yang dilelehkan bersama dengan minyak dan pigmen yang mana juga diberi pewarna yang berasal dari hewan serangga bernama cochineal. Warna merah pada lipstik ini bernama carmine. Hewan serangga ini tidak memiliki racun, sehingga sangat aman jika digunakan sebagai bahan baku untuk proses pembuatan lipstik. Selain dari serangga, pewarna yang ada didalam di dalam lipstik juga bisa menggunakan bahan alami dari buah-buahan seperti buah bit yang berwarna keunguan. Jadi, pada kesimpulannya lipstik berasal dari bahan-bahan alam yang tidak akan membahayakan tubuh anda. Namun, berbeda halnya jika ada oknum-oknum nakal yang memproduksi lipstik lalu ditambahkan dengan bahan-bahan kimia seperti menambahkan merkuri yang bisa merusak lapisan kulit bibir.

Bicara mengenai dunia kosmetik dan kecantikan memang tidak akan ada habisnya, sebab dunia kosmetik akan terus berkembang dari zaman ke zaman dan perkembangannya juga semakin bagus dan beragam. Jika dulu wanita hanya mengenal lipstik dan bedak sebagai kosmetik, namun saat ini ada jenis ragam kosmetik yang bisa dengan mudah di dapatkan di toko kecantikan seperti kosmetik blush on, highlighter hingga eyeshadow dan ragam kosmetik lainnya yang sangat banyak jika dijelaskan satu per satu. Terlepas dari dunia kosmetik, saat ini lipstik rasanya menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa dilepaskan dari wanita. Memang tidak semua wanita gemar menggunakan lipstik untuk kehidupan sehari-hari. Namun, bagi mereka yang bekerja dan mengharuskan untuk berpenampilan rapi dan segar setiap hari di kantor atau di pabrik maka lipstik menjadi kunci utama untuk membuat tampilan wanita terasa lebih segar dan juga profesional.

Tips Memilih Lipstik Sesuai Kulit

Terlepas dari penggunaan lipstik yang sudah menjadi kebutuhan pokok untuk setiap wanita, ternyata memilih warna lipstik juga bisa menentukan kepribadian serta mampu memunculkan aura tersendiri bagi para wanita. Mengapa demikian? Karena pemilihan lipstik juga harus disesuaikan dengan warna pada kulit anda. Kebanyakan wanita menganggap bahwa warna merah cocok diaplikasikan pada semua jenis warna kulit manusia. Memang warna umum yang paling banyak ditemukan pada lipstik adalah warna merah, tetapi seiring berkembangnya zaman saat ini warna lipstik tidak hanya warna merah terang namun juga ada yang berwarna oranye, ungu, pink, coklat bahkan hingga warna hitam.

Tidak hanya itu, warna oranye atau biru pun tidak serta merta seperti warna pada umumnya. Warna oranye bisa dipecah lagi menjadi warna oranye tua atau muda, sama halnya dengan warna biru mempunyai klasifikasi yang banyak apakah biru muda, tua, biru navy, atau biru gelap dan banyak warna lainnya. Dengan banyaknya turunan warna dari satu warna ini, maka saat ini wanita bisa dengan mudah menentukan warna apa yang mereka sukai tanpa hanya berpaku pada warna lipstik yang merah saja. Sayangnya beberapa wanita tidak memperhatikan tone kulit mereka, sehingga terkesan asal dalam memilih warna lipstik untuk bibir mereka. Padahal menentukan warna lipstik merupakan hal yang vital untuk dilakukan, mengingat salah memilih warna lipstik untuk bibir akan mempengaruhi tampilan visual wanita di hadapan orang lain.

Berikut tips memilih warna lipstik sesuai dengan tone kulit! Simak baik-baik ya!

  • Kulit Putih

Jika anda adalah wanita yang memiliki kulit putih sejak lahir, usahakan memilih warna lipstik seperti warna coklat terang, merah terang atau pink tua. Mengingat biasanya orang berkulit putih memiliki warna bibir yang sudah pink sehingga, hindarkan warna-warna muda karena hasilnya tidak akan begitu kelihatan. Anda juga bisa memakai lipstik yang berbahan glossy agar tampilan lebih fresh dan terlihat sensual atau bergairah.

  • Kulit Sawo Matang

Jenis kulit ini merupakan kulit yang banyak ditemukan terutama jika anda merupakan keturunan Jawa yang terkenal dengan kulitnya yang sawo matang, tidak putih juga tidak terlalu hitam. Jenis kulit ini sangat cocok jika memakai lipstik berwarna merah terang, nude atau sama dengan warna kulit manusia, warna berry pink hingga warna rose pink dan oranye terang. Hal ini dikarenakan biasanya warna bibir pemilik kulit sawo matang cenderung tidak se-pink bibir warna berkulit putih. Maka dari itu, perlu menggunakan warna lipstik yang terang namun tidak mencolok.

  • Kulit Kuning Langsat

Tidak jauh berbeda dengan kulit sawo matang, wanita pemilik kuning langsat lebih cocok menggunakan warna lipstik seperti warna merah maroon, oranye batu bata hingga peach oranye. Jangan sampai memilih warna lipstik ya!

  • Kulit Pucat

Pemilik kulit berwarna pucat, biasanya lebih banyak dimiliki oleh bule-bule atau orang luar negeri yang hidup di iklim yang dingin dan bersalju. Jika anda merupakan seorang bule atau keturunan dari orang tua yang bukan asli Indonesia, anda bisa menggunakan warna-warna lipstik seperti biru, oranye terang. Hindarkan warna-warna bold seperti merah pekat, karena hanya akan membuat bibir anda terasa kontras dengan warna kulit wajah anda. Usahakan gunakan warna yang netral alias tidak terlalu muda juga tidak terlalu mencolok. Agar anda tetap terlihat fresh dan elegan.

  • Kulit Gelap

Yang terakhir ialah kulit gelap, biasanya kulit gelap atau hitam pekat merupakan kulit yang susah untuk mengaplikasikan kosmetik ke wajah mereka. Namun, bagi anda yang memiliki kulit gelap tidak perlu takut dan bingung lagi sebab anda bisa menggunakan lipstik berwarna merah bold terang atau warna berry pink terang jika menyukai tampilan bibir yang feminim .

Itulah tips memilih warna lipstik sesuai tone kulit asli anda. Sejatinya, memilih warna lipstik sesuai dengan tone kulit anda bukanlah perkara yang susah. Biasanya, jika anda membeli sebuah lipstik di toko kosmetik akan terdapat beberapa lipstik yang sudah dibuka dengan tujuan sebagai bahan uji coba sebelum anda memutuskan membeli lipstik sesuai dengan tone warna yang anda pilih. Pastikan anda tidak menyesal membeli lipstik tersebut karena salah memilih warna. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda dalam menemukan jalan keluar terkait warna apa saja yang cocok dengan bibir anda sesuai warna asli kulit tubuh anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *