Cressindo Kusuma

Perbedaan Lip Serum dan Lip Balm

Perbedaan Lip Serum dan Lip Balm – Sudah tidak bisa dipungkiri, bahwa saat ini mulai banyak bermunculan jenis-jenis skincare terbaru yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan skincare yang sudah dikenal lebih dahulu, seperti kosmetik lipstik ternyata memiliki turunan skincare yang bernama Lip Serum dan Lip Balm. Sekalipun sama-sama digunakan untuk diaplikasikan pada bibir, nyatanya lip serum dan lip balm memiliki tekstur dan fungsi yang berbeda lho!

Memiliki bibir pink yang merona adalah dambaan setiap wanita di dunia ini, terlebih lagi jika bibir bisa terawat dengan baik tanpa kering dan mengelupas hingga berdarah dan menimbulkan rasa yang perih saat terkena makanan yang pedas atau panas. Sama seperti kulit wajah yang sensitif terhadap suatu kandungan yang ada di dalam produk kecantikan, bibir juga merupakan salah satu kulit pada area tubuh manusia yang sangat sensitif dan rentan berdarah karena terbentur sesuatu atau terkelupas, maka dari itu diperlukan perawatan serta penjagaan yang ekstra agar bibir selalu terlihat sehat dan terasa lembut.

Baca Juga: Tips Memilih Lipstik Sesuai Tone Kulit

Apa Itu Lip Serum? Apa Saja Kandungannya?

Lip serum merupakan salah satu jenis skincare yang memiliki tekstur cair dan memang khusus dibuat untuk melindungi lapisan pada kulit di area bibir. Mengingat kulit pada bibir cenderung tipis sehingga mudah sekali untuk terkelupas dan kering. Lip serum biasanya memiliki beberapa kandungan yang bisa memperbaiki kondisi bibir mengering dan terkelupas. Bahan-bahan aktif yang ada dalam lip serum mampu membuat bibir lebih cerah jika dipakai secara rutin, seperti kandungan asam hialuronat, gliserin dan juga bahan aktif peptida serta kandungan vitamin C.

Berikut penjelasan mengenai bahan-bahan aktif yang ada di dalam lip serum.

  • Asam Hialuronat berfungsi untuk mengatasi kulit bibir yang kering
  • Gliserin berfungsi berfungsi untuk merawat bibir pecah-pecah
  • Peptida yang berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga mampu mengatasi bibir yang menghitam
  • Vitamin C yang berguna untuk mencerahkan bibir agar terlihat pink alami

Baca Juga: Mengenal Jenis Lip Care dan Rekomendasinya

Apa Itu Lip Balm? Kandungannya Apa Saja?

Tidak jauh berbeda lip serum, lip balm juga memiliki khasiat yang mujarab untuk mengobati masalah pada kulit bibir. Lip balm merupakan skincare yang berasal dari lilin lebah dan bertekstur padat. Biasanya lipbalm dikemas dengan wadah seperti lipstik. Karena bahan baku utama yang ada di dalam lip balm berasal alami yakni lilin lebah. Maka dari itu, sudah bisa dipastikan aman jika diaplikasikan di area kulit bibir. Selain berasa dari lilin lebah, lipbalm juga biasanya mengandung beberapa bahan-bahan aktif yang tidak kalah dengan lip serum guna mengatasi permasalahan yang ada pada bibir.

Berikut kandungan yang terdapat di dalam lip balm:

  • Petroleum Jelly, berguna untuk melembabkan kulit di area bibir
  • Shea Butter, berguna mengatasi dan mengurangi rasa perih pada bibir yang terkelupas
  • Vitamin C, guna mencerahkan dan menyamarkan area bibir yang gelap
  • Vitamin E, sebagai antioksidan pada kulit bibir juga mampu meredakan peradangan pada kulit bibir yang luka

Setelah membahas mengenai penjelasan serta kandungan apa saja yang dimiliki oleh lip serum dan lip balm. Ternyata sekalipun sama-sama bertujuan untuk melembabkan dan meredakan luka terkelupas pada area kulit bibir, nyatanya memiliki bahan kandungan yang cukup berbeda. Perlu dipahami juga, untuk mendapatkan efek yang nyata anda harus rutin mengoleskan salah satu skincare ini pada kulit bibir anda setiap bibir terasa kering atau sebelum tidur pada malam hari ini.

Baca Juga: Rekomendasi Jenis Lip Care

Perbedaan Lip Serum dan Lip Balm

Adapun perbedaan yang cukup signifikan antara lip serum dengan lip balm, berikut perbedaannya :

  • Lip serum teksturnya cair, sedangkan lip balm padat
  • Lip serum sudah mengandung anti aging sedangkan lip balm tidak ada
  • Lip serum merawat bibir dari luar dalam, lip balm hanya merawat lapisan kulit bibir terluas

Apa Saja Manfaat Lip Serum dan Lip Balm?

1. Melembabkan Bibir

Baik lip serum maupun lip balm sama-sama memiliki kandungan moisturizer yang mampu melembabkan bibir kering. Selain itu kandungan gliserin dan peptida juga shea butter yang mampu meredakan peradangan pada area kulit bibir yang sedang terkelupas.

2. Mencerahkan Bibir

Kandungan vitamin C pada lip serum dan lip balm mampu mengembalikan warna bibir ke warna pink natural yang semula. Jika anda rutin menggunakan kedua skincare ini, maka perlahan-lahan bibir anda yang menggelap akan mulai terlihat cerah sehingga anda tidak perlu memakai lipstik terlalu tebal lagi.

3. Menutrisi Bibir

Kedua jenis skincare bibir ini juga mampu menutrisi kulit bibir, karena kandungan aktif yang ada di dalam lip serum dan balm mampu meningkatkan produksi kolagen pada bibir sehingga bibir terlihat lebih segar dan lebih seksi. Sehingga bibir terasa lebih lembut saat disentuh dengan tangan anda.

4. Memperbaiki Skin Barrier

Skin barrier merupakan aspek penting dalam lapisan kulit. Sebab apabila skin barrier rusak maka skincare tidak bisa meresap kedalam. Salah satu tanda skin barrier anda rusak adalah kulit mengalami kemerahan dan meradang hingga mengelupas dengan partikel-partikel kulit kecil biasanya terjadi di sekitar area mulut hingga hidung dan pipi.

5. Mengangkat Residu Lipstik

Dengan lip balm anda bisa membersihkan bibir anda dari lipstik yang telah digunakan seharian. Sebab kandungan moisturizer yang ada didalamnya mampu mengangkat residu serta sisa lipstik pada bibir, sekalipun sudah dibersihkan menggunakan micellar water. Dengan lip balm anda tidak perlu menggosok bibir terlalu keras dengan kapas untuk menghilangkan warna lipstik, dengan begitu kulit bibir anda juga ikut terasa lembut karena lip balm mengandung lilin dari lebah yang mampu melembabkan kulit pada bibir.

Itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan lip serum dan lip balm serta perbedaan diantara keduanya yang sebenarnya sama-sama bisa digunakan untuk merawat kesehatan bibir.