Cressindo Kusuma

Tahapan Menggunakan Serum Yang Benar

Tahapan Menggunakan Serum Yang Benar! – Sama seperti skincare lainnya, serum juga merupakan aset berharga dalam dunia skincare. Pasalnya, serum bisa disebut sebagai pelengkap dalam tahapan menggunakan skincare. Selain menjadi pelengkap, serum juga memiliki fungsi untuk membantu memaksimalkan kinerja dari skincare lain.

Misalnya skincare moisturizer memiliki peran untuk melembabkan wajah yang kering, nah dengan mengaplikasikan wajah juga ikut cerah karena bahan aktif pada serum mampu membuat warna kulit menjadi lebih terang. 

Waktu Tepat Untuk Pakai Serum

Perlu anda pahami, bahwa menggunakan serum tidak bisa asal-asalan karena jika memakai serum dengan asal efeknya tidak akan terasa dan juga serum tidak bisa bekerja secara optimal untuk memperbaiki permasalahan kulit atau merawat kesehatan kulit wajah anda. Nah, menyinggung soal kapan sih waktu yang tepat untuk menggunakan serum? Sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai jam-jam yang perlu diingat untuk mengoleskan serum di wajah.

Namun, para pakar kesehatan kulit hingga dokter kecantikan menyarankan ada baiknya menggunakan serum setelah mandi dan sebelumnya wajah sudah dibersihkan dan diberikan pelembab. Selain itu, sangat disarankan juga untuk menggunakan serum sebelum menjelang tidur dan tentunya dengan kondisi wajah sudah dibersihkan dengan pembersih kulit. 

Tips Menggunakan Serum 

Selepas anda mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengaplikasikan serum ke wajah anda, kini saatnya kita beralih dan mempertanyakan bagaimana sih cara yang tepat untuk mengoleskan serum? Apakah dengan menuangkannya langsung dimuka? Atau menuangkannya di telapak tangan dan menggosokannya ke wajah? Atau bagaimana? Nah, untuk menjawab pertanyaan ini mari simak jawabannya dibawah ini! 

  • Bersihkan Muka 

Tips pertama sebelum anda mengaplikasikan serum ke wajah. Sebaiknya pastikan terlebih dahulu wajah anda sudah dibersihkan dengan kondisi yang sangat bersih. Anda bisa melakukan double cleansing untuk mendapatkan wajah yang benar-benar bersih, yakni pertama membersihkan dengan facial wash selanjutnya bisa dibersihkan dengan micellar water agar residu yang belum terangkat bisa menempel pada kapas sehingga kulit wajah menjadi bersih dan terasa ringan. 

  • Pakai Toner Dahulu

Tahapan selanjutnya sebelum memakai serum, anda harus menggunakan toner lebih dahulu. Toner berfungsi untuk membersihkan pori-pori anda, barangkali masih ada sisa kotoran yang terperangkap di dalam pori-pori. Nah, dengan toner kotoran ini bisa terangkat. Karena jika pori-pori tidak bersih bisa memicu tumbuhnya jerawat dan komedo. Selain itu, toner juga memiliki fungsi untuk melembabkan kembali kulit anda setelah wajah dibilas dengan facial wash sebelumnya yang kadang membuat kulit terasa seperti ketarik atau kering. 

  • Pastikan Serum Sesuai

Perlu anda ingat, tidak semua serum memiliki kandungan yang sama. Sehingga masing-masing fungsi serum memiliki dampak yang berbeda untuk kulit anda. Jadi, pastikan serum yang anda miliki sudah sesuai dengan kondisi kulit wajah yang sedang bermasalah. Karena serum merupakan salah satu faktor penentu dalam perbaikan kulit anda. Perhatikan juga kandungan yang terdapat di dalam serum, barangkali ada beberapa kandungan yang bisa membuat alergi kulit anda kambuh karena kulit terlalu sensitif. 

  • Tuangkan Pipet Serum Ke Telapak Tangan 

Setelah melalui tahapan-tahapan diatas, anda bisa memulai menuangkan serum menggunakan pipet di botol ke area telapak tangan. Gunakan serum secukupnya, kisaran 2-3 tetes saja. Sebab, jika terlalu sedikit dan banyak juga tidak baik untuk kulit anda. Biasanya dibalik kemasan produk serum ada anjuran menggunakan serum berapa kali tetes untuk sekali penggunaan. 

  • Usap Menggunakan Kedua Tangan  

Selanjutnya anda bisa mengoleskan serum yang sudah dituang tadi dengan kedua telapak tangan anda agar lebih merata dan tidak tumpah saat di aplikasikan ke area wajah anda. Pastikan juga tangan sudah bersih dan tidak memegang barang-barang lain karena takut terkontaminasi dengan bakteri dari barang lain yang anda pegang. 

  • Usap Ke Wajah dan Pijat 

Lalu, setelahnya usapkan kedua tangan anda yang sudah dituangi oleh serum ke area wajah. Ratakan serum ke seluruh area di wajah, dari bagian pipi, hidung, dagu, hingga ke area pelipis dan jidat. Pastikan seluruh area wajah terkena oleh serum, dan hindari serum terkena area mata dan jangan sampai masuk ke dalam pupil mata. Lalu, setelahnya pijat dengan lembut area wajah anda, hal ini berguna agar serum bisa meresap secara sempurna dan optimal sekaligus membuat kulit wajah anda menjadi lebih rileks dan tenang. 

  • Kipas Perlahan 

Selanjutnya di tahapan akhir, kipas-kipas pelan wajah anda yang sudah dioleskan serum agar serum bisa meresap lebih sempurna. Diamkan wajah anda kurang lebih selama 5-10 menit sebelum anda melanjutkan menggunakan produk skincare yang lain. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi agar kulit anda tidak menimbulkan reaksi meradang dengan zat dari jenis skincare yang lain.

Karena tidak semua skincare bisa dicampur dengan bahan aktif skincare lain. Jika anda memaksakan untuk tidak menunggu hingga wajah mengering karena serum sudah meresap sempurna, maka wajah anda akan mengalami iritasi bahkan bisa sampai membengkak. Jadi, harap perhatikan ya tahapan yang paling akhir ini. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *