Cressindo Kusuma

Jenis Jenis Serum Paling Banyak Dicari

Jenis-Jenis Serum Paling Banyak Dicari – Saat ini sudah menjadi hal biasa baik untuk kaum pria hingga wanita-wanita bahwa sama-sama berlomba untuk memiliki kulit yang sehat dan bersih. Berbagai macam cara pun selalu diupayakan demi mempunyai kulit wajah yang glowing dan mulus. Salah satu caranya yakni dengan rutin menggunakan skincare setiap hari sebelum beraktivitas dan juga sebelum menjelang tidur. Skincare memang sudah menjadi sebuah hal wajib yang harus dilakukan, sama seperti makan ataupun mandi. Sebenarnya cakupan skincare luas, sebab skincare memiliki banyak jenis salah satunya adalah serum yang tentu memiliki banyak fungsi untuk kulit wajah kita.

Kenapa Kita Perlu Memakai Serum? 

Mungkin seringkali kita atau bahkan orang lain bertanya mengapa kita perlu menggunakan setiap serum setiap hari? Jawabannya adalah karena serum memiliki banyak zat aktif yang mampu memperbaiki struktur kulit yang rusak. Selain itu serum memiliki fungsi untuk mencegah penuaan dini dan membantu melembabkan kulit layaknya moisturizer. 

Jenis-Jenis Serum

Sejujurnya, serum memiliki banyak ragam dan jenisnya yang mana tiap jenisnya memiliki fungsi sendiri-sendiri yang baik untuk mengatasi permasalahan kulit serta menjaga kesehatan kulit anda. Nah, penasaran apa saja jenis-jenis dari serum yang ada di pasaran? Yuk, simak jawabannya di bawah ini! 

  • Serum Exfoliating 

Selanjutnya ada serum exfoliating, perlu anda ketahui bahwa proses eksfoliasi merupakan salah satu tahapan skincare yang harus dilakukan dalam dunia skincare. Pasalnya serum exfoliating memiliki kandungan yang mampu membuat kulit lebih kencang dan kenyal, menghaluskan kulit hingga membantu mengatasi hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari yang panas. Kandungan dalam serum exfoliating ini meliputi glycolic acid, lactic acid, tropic acid, lactobionic acid, dan gluconolactone. Serum ini sangat cocok jika kamu memiliki wajah yang kusam dan kulit wajah yang belang. 

  • Serum Anti Acne 

Masalah kulit yakni jerawat memang merepotkan dan kadang membuat kita tidak tampil secara percaya diri. Karena, benjolan-benjolan jerawat di atas permukaan kulit membuat estika wajah kita menghilang sesaat. Bahkan, lebih lagi jika jerawat kita sudah meradang kemerahan dan akan segera pecah. Wah, rasanya seperti muka disengat oleh lebah karena menimbulkan rasa perih yang luar biasa. Namun, saat ini anda tidak perlu risau lagi karena sekarang sudah banyak brand skincare yang memproduksi serum anti acne. Serum ini berfungsi untuk mencegah jerawat baru untuk muncul ke permukaan kulit. Biasanya serum tercampur oleh kandungan seperti glycolic acid dan salicylic acid yang bisa membantu mencegah serta mengobati jerawat yang sedang meradang hingga ruam kemerahan. 

  • Serum Brightening 

Jika anda memiliki permasalahan kulit yang kusam dan gelap, serum tipe ini bisa membantu mencerahkan kulit wajah yang sesuai dengan namanya. Serum ini memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E. Namun, disisi lain adapun beberapa produk serum brightening yang memiliki kandungan alami dari ekstrak air lemon, kojic acid, hingga ferulic acid. Tidak hanya membantu mencerahkan wajah, biasanya serum brightening juga memiliki kandungan optical diffuser atau light reflector yang mana bisa membuat wajah glowing jika digunakan secara rutin. 

  • Serum Exfoliating 

Selanjutnya ada serum exfoliating, perlu anda ketahui bahwa proses eksfoliasi merupakan salah satu tahapan skincare yang harus dilakukan dalam dunia skincare. Pasalnya serum exfoliating memiliki kandungan yang mampu membuat kulit lebih kencang dan kenyal, menghaluskan kulit hingga membantu mengatasi hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari yang panas. Kandungan dalam serum exfoliating ini meliputi glycolic acid, lactic acid, tropic acid, lactobionic acid, dan gluconolactone. Serum ini sangat cocok jika kamu memiliki wajah yang kusam dan kulit wajah yang belang. 

Adapun jenis serum yang bernama hydrating. Serum ini berfungsi untuk menghidrasi kulit anda, serum jenis ini sangat cocok bagi anda pemilik kulit bertipe kering. Karena kandungan mineral dan air yang banyak pada serum ini mampu membuat kulit kering terasa lebih lembab. Namun, perlu anda ingat bahwa serum hydrating tidak bisa menggantikan peran moisturizer itu sendiri meskipun memiliki peran yang sama-sama mampu melembabkan kulit yang kering. 

  • Serum Anti Aging 

Tipe serum selanjutnya adalah anti aging. Serum ini sangat cocok untuk anda yang memiliki permasalahan kulit yang mengkerut dan telah memasuki usia yang tidak muda lagi. Karena serum ini memiliki fungsi untuk mengencangkan otot-otot di kulit wajah anda agar senantiasa terlihat awet muda. Banyak orang percaya bahwa seruma anti aging memiliki kandungan retinol yang mana retinol bisa mengencangkan hingga menghaluskan kulit wajah.

Serum anti aging juga memiliki kandungan lain seperti vitamin C, stem cells, grape seed extract, peptida, evening primrose, growth factors dan alpha hydroxy acids (AHA) yang juga sama pentingnya dengan retinoid untuk membuat kulit lebih kencang. Namun, serum anti aging bisa mulai anda gunakan saat memasuki usia 17 tahun. Jadi, tidak perlu menunggu hingga usia tua menyambut barulah anda menggunakan serum anti aging ini. 

  • Serum Anti Inflammatory 

Jenis serum yang terakhir adalah serum anti inflamasi. Serum ini sangat cocok digunakan bagi anda pemilik kulit berjerawat yang tidak kian sembuh tapi bertambah banyak dan parah. Dengan serum ini, jerawat anda yang sedang meradang bisa mengempis semalaman. Selain untuk mengatasi jerawat yang tidak kempes, serum ini juga berfungsi untuk mengatasi kulit yang terbakar atau rusak. Kandungan dalam serum ini memuat hyaluronic acid, green tea, dan lidah buaya.

Demikian beberapa jenis serum yang barangkali anda tidak melihat, namun sudah bisa ditemukan di supermarket hingga toko skincare. Sebelum membeli serum, pilihlah serum yang paling cocok dan tepat untuk mengatasi permasalahan kulit anda. Sebab tiap kulit manusia memiliki permasalahannya sendiri dan tidak bisa diatasi dengan mengoleskan serum yang tidak sesuai.