Cressindo Kusuma

Tips Merawat Rambut Harian

Tips Merawat Rambut Harian – Ingin memiliki rambut sehat, lembab, tebal dan bercahaya seperti bintang iklan di televisi? Gunakan hair care secara rutin bisa mewujudkan rambut seperti yang kamu inginkan.

Apa itu Hair Care?

Dalam bahasa Inggris, hair artinya rambut, sedangkan care itu peduli. Kesimpulannya hair care artinya peduli pada rambut. Makna dari konteks tersebut untuk menaruh rasa peduli dan perhatian penuh terhadap kondisi rambut. Karena bukan hanya wajah saja, tetapi rambut dan kulit kepala perlu diperhatikan secara penuh.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Rambut Patah Akibat Smoothing

Tips Hair Care Harian

Seperti yang disinggung sebelumnya, menjaga kesehatan dan keindahan rambut menjadi hal wajib dilakukan dalam merawat kulit di area wajah Anda. Namun, menjaga kesehatan rambut tidak seutuhnya sama dengan merawat wajah Anda. Tips berikut ini bisa dijadikan acuan untuk melakukan hair care harian:

1. Jangan Menyisir Setelah Keramas

Hindari menyisir rambut setelah keramas. Ketika kulit kepala sedang basah lalu rambut disisir dapat memincu lepas rambutnya dari akarnya. Hal ini karena kulit kepala yang basah sedang membuka pori-pori di kepala. Jadi sebaiknya, menyisir rambut dalam keadaan sudah kering guna menghindari rambut rontok.

Baca Juga: Manfaat Kolagen Untuk Rambutmu

2. Hindari Mengikat Rambut

Menghindari rambut terlalu sering dan mengikat terlalu kencang bisa merusak rambut. Kondisi rambut yang tertarik karena diikat lebih rentan membuat rambut rapuh dan terlepas dari akarnya.

3. Gunakan Shampoo Yang Sesuai

Sebelum menggunakan shampoo, Anda harus kenali dulu jenis rambut; kering, mengembang dan normal. Pilihlah shampoo yang memiliki bahan aktif yang dapat mengatasi masalah kulit rambut dan sesuai dengan jenis rambutmu. Contohnya jika memiliki masalah rambutnya ketombean, maka pilih shampoo yang mengandung mint / menthol.

Baca Juga: Tips Merawat Rambut Bebas Rontok

4. Gunakan Conditioner

Selain menggunakan shampoo, Anda bisa mengaplikasikan conditioner pada rambut setelah keramas. Conditioner berfungsi untuk menyempurnakan kinerja shampo pada rambut Anda. Karena sifat shampoo untuk membersihkan residu pada rambut, sedangkan conditioner berperan dalam membantu melembabkan keadaan rambut Anda kembali.

5. Lakukan Creambath atau Hair Mask

Ternyata menggunakan shampoo dan conditioner saja tak cukup, Anda perlu melakukan creambath atau hair mask di rumah. Hair mask berguna untuk membuat rambut lebih ternutrisi, karena ada kandungan yang berbeda pada shampoo yang bisa menyehatkan rambut Anda.

6. Gunakan Serum Rambut

Selanjutnya, pengaplikasikan serum pada rambut bisa membuat rambut lebih mudah diatur. Selain itu, melindungi rambut dari paparan sinar matahari. Tak hanya itu, serum rambut berguna memperbaiki rambut yang sudah kusam dan kusut kembali menjadi lembut dan berkilau. Serum rambut juga disarankan untuk Anda yang sering melakukan hair styling agar rambut lebih tahan terhadap panasnya alat hair styling.

7. Aplikasikan Hair Tonic

Rangkaian perawatan rambut selanjutnya dengan menggunakan hair tonic. Hair tonic dapat diaplikasikan ke kulit kepala. Serum ini berfungsi untuk mengatasi masalah kebotakan pada rambut atau rambut rontok, mengatasi ketombe membandel hingga melindungi kulit rambut. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa gunakan hair tonic setiap hari setelah keramas atau menjelang tidur di malam hari.

8. Gunakan Hair Oil

Rangkaian terakhir dengan menggunakan hair oil. Minyak rambut ini cocok untuk Anda memiliki rambut kering. Pasalnya minyak rambut berguna untuk melembabkan kembali rambut anda yang sudah kering akibat sudah terlalu sering di warnai atau melewati proses hair styling.