Cressindo Kusuma

Tips Memilih Produk Kecantikan Sesuai Jenis Kulit

Melihat banyaknya jenis produk kecantikan yang tersedia untuk semua jenis kulit dengan berbagai fungsi, rasanya sangat enak. Namun, sayangnya Anda perlu memilahnya lagi karena tidak semua produk kecantikan cocok untuk kulit Anda.

Nah, agar tidak salah sangka dan berujung pada masalah, ada baiknya Anda mengetahui cara memilih produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulitmu di bawah ini ya.

Bagaimana Tips Memilih Produk Kecantikan yang Sesuai Jenis Kulit?

  • Kenali tipe kulit wajah

Menggunakan produk kecantikan yang tepat sesuai dengan jenis kulit kita adalah hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya, produk kecantikan yang kita gunakan bisa jadi tidak berfungsi, bahkan menimbulkan masalah bagi kulit kita.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, penting bagi kita untuk mengetahui jenis kulit wajah sebelum memutuskan produk kecantikan yang akan digunakan. Tipe kulit wajah sendiri terbagi ke dalam 5 tipe berbeda, yaitu:

  1. Kulit Normal

Bisa dibilang, jenis kulit normal adalah jenis kulit yang cenderung tidak memiliki batasan bahan apapun dalam produk perawatan kulit. Biasanya kulit normal memiliki tingkat kelembapan yang tepat sehingga tidak memiliki minyak berlebih di area wajah, atau kulit wajah yang terasa kering.

Karena tingkat kelembapannya yang seimbang, kulit normal jarang mengalami masalah kulit wajah seperti hiperpigmentasi, pori-pori membesar, hiperpigmentasi, atau mudah iritasi.

  1. Kulit Kering

Jenis kulit kering biasanya cenderung bersisik atau memiliki permukaan yang kasar, dengan pori-pori yang mudah terlihat karena tingkat kelembapan kulit yang rendah. Masalah kulit yang paling umum ditemui pada jenis kulit kering adalah kulit yang mudah teriritasi dengan tanda-tanda kulit merah, gatal dan meradang, yang dapat memicu timbulnya jerawat.

  1. Kulit Berminyak

Berbeda dengan jenis kulit kering, kulit berminyak memiliki tingkat kelembapan yang cukup tinggi. Namun, bukan karena kandungan air di wajah, melainkan disebabkan oleh produksi sebum atau minyak berlebih di wajah.

Karena memiliki tingkat produksi minyak yang tinggi, pori-pori di wajah akan lebih sering tersumbat oleh kandungan minyak di wajah dan makeup yang digunakan sehingga menimbulkan masalah kulit berupa komedo, jerawat, dan komedo.

  1. Kulit Sensitif

Di antara jenis kulit yang ada, kulit sensitif adalah jenis kulit yang memiliki tingkat kepekaan yang sangat rendah terhadap banyak hal, termasuk bahan perawatan kulit. Jenis kulit sensitif lebih rentan terhadap iritasi dibandingkan jenis kulit lainnya.

Jika pemilik kulit sensitif menunjukkan ketidaksesuaian dengan kondisi lingkungan, makanan, atau produk perawatan kulit dan kosmetik yang digunakan, kulit akan bereaksi dengan ciri-ciri gatal, kemerahan, atau berjerawat (menyebarnya jerawat di banyak titik wajah).

  1. Kulit Kombinasi

Jenis kulit kombinasi, seperti namanya kulit kombinasi merupakan gabungan dari beberapa jenis kulit di atas. Biasanya, orang dengan kulit kombinasi ditandai dengan area T yang berminyak (dahi, hidung, dan dagu), serta area lain seperti pipi, mata, dan mulut yang terasa normal, kering, atau sensitif.

  • Perhatikan reaksi kulit

Setelah mengenali jenis kulit Anda, cara kedua untuk memilih perawatan kulit yang tepat sesuai dengan jenis kulit Anda adalah dengan memperhatikan reaksi perawatan kulit yang digunakan pada kulit Anda.

Biasanya reaksi yang tidak sesuai untuk produk perawatan kulit tertentu berupa jerawat, perih berlebihan, kulit sangat kering, dan iritasi. Nah, jika Anda merasakan tanda-tanda tersebut setelah menggunakan produk perawatan kulit tertentu, sebaiknya hentikan penggunaan produk kecantikan tersebut untuk menghindari resiko yang lebih parah.

  • Usahakan terbuat dari bahan alami

Salah satu cara untuk meminimalisir terjadinya reaksi alergi pada kulit terhadap produk kecantikan yang kita gunakan, adalah dengan memilih produk perawatan kulit yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Mengapa? Perawatan kulit dengan bahan alami diyakini lebih aman dan memiliki efek samping yang lebih rendah. Jadi, lebih aman dan kulit terlindungi dari reaksi alergi. Namun, pastikan juga Anda memilih produk perawatan kulit yang juga sesuai dengan jenis kulit Anda, agar manfaat yang Anda dapatkan bisa maksimal.

Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu dan bermanfaat.