Cressindo Kusuma

Apakah Kosmetik Yang Sudah BPOM Itu Aman?

Pernahkah Anda mengalami pengalaman tidak menyenangkan akibat membeli produk kosmetik? Selain itu, Anda mungkin dapat menemukan produk palsu, selama Anda membeli produk kosmetik, Anda dapat menemukan kulit yang rusak terkena bahan yang ternyata berbahaya. Untuk menghindarinya, Anda perlu mengecek nomor BPOM produk kosmetik yang Anda miliki.

Cara Cek Nomor BPOM Produk Kosmetik

saat membeli produk kosmetik sebaiknya periksa dengan teliti apakah produk tersebut sudah memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI). Karena BPOM RI menguji, memberikan izin, dan memastikan produk yang beredar aman digunakan oleh masyarakat.

Agar Anda terhindar dari kosmetik berbahaya, yuk coba cek kembali produk kosmetik yang Anda gunakan. Tidak sulit, mari kita hindari penggunaan dan penjualan kosmetik berbahaya, dengan mengecek nomor BPOM produk kosmetik Anda.

  1. Lihat nomor BPOM pada kemasan produk kosmetik

Pertama, pastikan produk yang Anda gunakan memiliki nomor registrasi BPOM. Nomor BPOM pada produk merupakan tanda bahwa produk tersebut telah lulus uji dan dipastikan aman untuk digunakan.

Nomor BPOM ini biasanya terletak di bagian belakang atau di bawah kemasan produk skincare. Urutan angkano BPOM biasanya terdiri dari 2 huruf dan 11 angka. Jika jumlahnya kurang dari itu atau bahkan tidak ada sama sekali, berarti Anda curiga terhadap keaslian dan keamanan produk kosmetik yang Anda gunakan.

  1. Cek nomor BPOM di website resmi untuk memastikan

Agar lebih percaya diri dengan produk kosmetik yang Anda gunakan, coba cek nomor registrasi BPOM untuk produk kosmetik Anda. Kunjungi situs resmi BPOM untuk mengetahui apakah nomor tersebut sudah tercatat.

Tampilan tersebut merupakan halaman awal dari website BPOM. Di halaman depan, Anda dapat melihat statistik produk yang telah mendapat persetujuan edar dari BPOM. Mulai dari produk terbaru yang lisensinya dikeluarkan dalam 7 hari terakhir, sebulan terakhir, hingga 1 tahun terakhir.

  1. Masukkan nomor BPOM untuk produk kosmetik yang ingin diperiksa

Untuk mengetahui produk yang Anda gunakan sudah terdaftar di BPOM atau tidak, Anda bisa langsung mengeceknya di website resmi BPOM. Pada halaman awal website BPOM, masukkan nomor registrasi yang tertera pada kemasan produk kosmetik Anda. Setelah itu klik tombol “Cari”.

  1. Sesuaikan nomor BPOM dengan jenis kosmetik

Ketika Anda menekan tombol pencarian, Anda akan diarahkan ke halaman khusus yang berisi informasi produk. Kemudian sesuaikan nomor BPOM dengan nama dan jenis kosmetik yang Anda miliki. Tidak hanya nama dan jenis kosmetik, di halaman ini Anda bahkan bisa melihat jenis tekstur produk kosmetik, kemasan, hingga nama produsen yang memproduksi produk tersebut.

Jika nomor registrasi BPOM yang Anda masukkan di situs tidak tercatat, kemungkinan produk Anda belum lolos uji BPOM. Selain itu, jika jumlahnya tidak sesuai dengan ketentuan BPOM, bisa jadi produk yang Anda miliki palsu.

  1. Cek juga merk kosmetik di website resmi BPOM

Jika Anda tidak menemukan nomor registrasi BPOM pada kemasan kosmetik Anda, Anda juga bisa mengeceknya berdasarkan nama produk, merek, hingga bentuk produk kosmetik tersebut. Cukup lengkap ya?

Bocorannya, kalau kamu cari berdasarkan brand kosmetik, kamu bisa menemukan semua jenis produk dari brand itu lho. Termasuk produk yang bahkan belum diluncurkan ke pasaran.

  1. Bisa scan barcode / QR code di BPOM HP

Selain bisa langsung mencari merk dan nomor BPOM-nya di website resmi BPOM, kamu juga bisa cek produk kosmetik aman atau tidak/asli atau palsu dengan menggunakan aplikasi BPOM Mobile yang sudah tersedia di Google Store atau Play Toko.

Setelah Anda mengunduh, Anda akan menemukan empat menu dalam aplikasi, yaitu: Scan Produk, Pengaduan, Periksa Izin Distribusi dan Berita. Nah, untuk mengecek suatu produk asli atau palsu atau aman/berbahaya, Anda bisa langsung menggunakan fitur Product Scan atau Cek Izin Edar.

Untuk menggunakan Product Scan, Anda hanya perlu memindai QR Code atau barcode pada kemasan produk dengan kamera ponsel Anda. Setelah itu, akan muncul informasi tentang produk yang Anda pindai, berdasarkan mereknya.