Cressindo Kusuma

10 Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Pensiunan

Usaha setelah pensiun sebenarnya sangat beragam. Tentu saja setiap orang menginginkan usaha yang paling menguntungkan dengan modal tidak terlalu besar. Jadi, dana pensiun bisa digunakan dengan tepat.

Rekomendasi Usaha Setelah Pensiun

Para pensiunan bisa membuka usaha agar mendapatkan tetap mendapatkan pendapatan. Sayangnya, banyak usaha yang membutuhkan modal besar.

Berikut ini 10 bisnis modal kecil yang cocok untuk pensiunan dan siapa saja bisa memulai bisnisnya.

1. Laundry

Laundry menjadi salah satu usaha yang paling menguntungkan. Usaha ini tidak membutuhkan banyak modal dan karyawan. Sehingga, cocok untuk para pensiunan dengan modal terbatas.

2. Warung Sembako

Membuka warung sembako di Indonesia tidak membutuhkan izin khusus, sehingga sangat mudah. Sembako juga akan terus dicari masyarakat.

Bahkan, warung sembako bisa dibuat di rumah. Hal ini tentu akan mengurangi biaya modal untuk sewa lahan. Sediakan sembako yang lengkap agar banyak orang yang datang.

3. Penginapan atau Indekos

Memiliki indekos atau penginapan merupakan salah satu rekomendasi usaha untuk pensiunan. Buka penginapan di daerah dengan jumlah wisatawan tinggi agar penghasilan melimpah.

4. Membuka Tutor Belajar

Menjadi tutor belajar juga merupakan salah satu jenis usaha setelah pensiun yang menguntungkan. Atur jam dan tarif sendiri. Tentukan juga apakah sesi dilakukan secara langsung atau online.

5. Penitipan Anak

Penitipan anak individu maupun kelompok kini banyak dicari. Biasanya, para karyawan membutuhkan jasa ini. Jika suka anak-anak, maka usaha ini sangat direkomendasikan.

6. Penitipan Hewan

Tidak hanya anak, hewan juga banyak dititipkan jika pemiliknya harus keluar negeri atau kota dan tidak memungkinkan untuk membawa peliharaan. Mengasuh hewan lebih mudah daripada mengasuh anak.

Pemilik penitipan hewan hanya perlu menyediakan fasilitas yang mendukung aktivitas fisik serta waktu bermain. Namun, hewan harus dijaga dengan penuh kasih sayang.

7. Perkebunan atau Peternakan

Usaha setelah pensiun selanjutnya adalah perkebunan atau peternakan. Jenis usaha ini sangat direkomendasikan, terutama untuk pensiunan yang tinggal di desa. Bisa coba budidaya lele atau ayam petelur yang modalnya cukup minim.

8. Pemandu Wisata

Pemandu wisata juga menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan, terutama jika buka di daerah wisata seperti Bali, Jogja, dan lainnya. Untuk menjadi pemandu wisata yang baik, seseorang harus mampu memahami suatu destinasi wisata yang baik sehingga dapat memberikan pengalaman mendalan untuk para wisatawan.

9. Sewa Kendaraan

Jika memiliki kendaraan pribadi dan lebih dari satu, maka bisa coba menyewakannya kepada orang lain. Hal ini tentu akan lebih menguntungkan karena tidak membutuhkan modal yang besar. Pemilik bisnis ini hanya perlu memberikan perawatan yang mumpuni untuk kendaraan yang disewakan.

10. Usaha Skincare atau Kosmetik

Skincare atau kosmetik kini lebih menjanjikan. Mungkin banyak orang yang merasa bahwa usaha satu ini membutuhkan modal yang besar, seperti pabrik, alat-alat pembuatan, dan lain sebagainya.

Namun, pemilik usaha tidak perlu mempersiapkan itu jika menggunakan maklon kosmetik. Maklon adalah pihak penyedia jasa pengolahan produk. Dengan maklon, pemilih usaha skincare atau kosmetik tidak membutuhkan modal yang besar. Salah satu maklon kosmetik dan skincare yang bisa Anda percaya adalah Cressindo.

Bermitra dengan Cressindo, siapa saja bisa memulai usaha kosmetik dan skincare mereka sendiri, termasuk pensiunan sekalipun. Selain itu, pengguna jasa maklon Cressindo juga tidak perlu pusing menyiapkan sertifikat layak edar produk karena pihak Cressindo sudah akan mempersiapkannya. Yuk konsultasikan dengan Maklon Cressindo disini!

Jadi, itulah berbagai usaha setelah pensiun yang tidak membutuhkan modal besar tetapi cukup menjanjikan. Dengan begitu, semua pensiunan tetap bisa mendapatkan penghasilan mereka sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *